Hal Seputar Katering

06Jan11

Inilah bagian yang mendapatkan perhatian paling tinggi dalam pesta pernikahan. Ragam pilihan menu yang terhidang akan membuat para undangan tergiur untuk menikmatinya. Karena menempati poin teratas dalam perhitungan budget pesta, hendaknya jangan sampai terjadi kesalahan dalam penghitungan ataupun kesalahan dalam menentukan aneka menu yang akan disajikan.

Hal Seputar Katering

Hal Seputar Katering

Berikut trik dan tips yang dapat menjadi panduan alam hal katering:

  • Untuk mengetahui jumlah dan variasi menu yang akan dipesan, biasanya pihak katering akan melakukan “depth interview” dengan calon pengantin. Misalnya, berapa jumlah undangan yang akan disebar -via telepon, sms, mailing list dan lain sebagainya- sehingga benar-benar diketahui secara tepat jumlah tamu yang akan mengahdiri pesta. Hal ini belum termasuk undangan untuk keluarga dekat dan ini biasanya menempati presentase paling besar. Pikirkan juga apakah mayoritas yang akan datang adalah golongan orang tua ataukan anak muda, karena nantinya akan mempengaruhi keputusan dalam pemilihan menu.
  • Satu orang undangan biasanya akan menikmati sekitar 3 sampai 5 jenis menu yang dihidangkan. Menu yang tersaji untuk pesta di siang hari akan lebih banyak dibandingkan pesta yang dilakukan pada malam hari. Alasannya, orang-orang cenderung lebih lapar di saat siang hari.
  • Tidak ada perbedaan menu yang signifikan antara pesta indoor maupun outdoor. Sebagai variasi tambahkan menu “khas daerah”. Favorit para tamu biasanya adalah yang terhidang di “menu gubug” –food stall-, dan hidangan “kering” seperti tempura, chicken cordon bleu, kebab dan lain sebagainya.
  • Beberapa katering punya spesialisasi hidangan tersendiri seperti makanan vegetarian, Eropa, Continental dan lain sebagainya. Oleh karenanya ada baiknya melakukan survei kebeberapa vendor katering sebelum memutuskan pilihan.
  • Tanyakan kepada pihak katering, apakah harga makanan sudah termasuk pajak dan biaya servis pelayanan atau belum termasuk biaya yang disebutkan tersebut.
  • Mintalah food testing. Pihak vendor katering biasanya akan memberikan sample makanan dan servis pelayanan yang diberikan dengan mengundang Anda ke acara yang melibatkan mereka sebagai vendor katering penyadia makanan. Coba perhatikan, apakah pramusajinya berpenampilan bersih, rapi dan cekatan dalam melayani para undangan. Idelanya, 1 pramusaji bisa melayani 30 orang tamu -pesta buffet- dan melayani 20 orang tamu -pesta duduk-.

Setelah Anda dapat memastikan vendor katering yang akan digunakan, selanjutnya adalah membuat nota kesepahaman dalam bentuk kontrak yang mengikat kewajiban dan hak pihak vendor katering dan Anda sebagai pengguna jasa mereka. Perhatikan juga poin-poin utama dalam penandatanganan kontrak dengan pihak vendor katering, yang menyangkut, pembatalan pesanan, jumlah deposit yang harus dibayarkan di muka dan waktu pelunasan, dan sudah tentu tentang kesepakatan menu yang dipilih dan harga yang harus dibayarkan untuk itu.

Bagi yang ingin berhemat bisa memilih lebih banyak menu buffet, mengurangi jumlah undangan atau mengadakan pesta di malam hari.



%d bloggers like this: