Hand Bouquet Pengantin

02Aug10

Konon, dulu para pengiring pengantin wanita yang ingin “ketularan” menikah dari si pengantin akan mencoba membawa robekan gaun pengantin untuk dibawa pulang. Terbayang kan sedihnya si pengantin wanita yang pulang dengan gaun robek? Nah, tradisi tersebut diubah dengan si pengantin wanita membuang buket bunga sebelum meninggalkan lokasi pesta pernikahan.

Hand Bouquet Pengantin

Hand Bouquet Pengantin

Tradisi lempar buket bunga yang dipercaya datang sejak abad ke-14 ini dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi wanita bisa menangkapnya. Konon, wanita yang menangkapnya adalah wanita yang akan menikah berikutnya.

Menurut buku Wedding Inspiration yang ditulis oleh Tina Andrean, ada cerita di balik buket bunga pengantin. Semula, pengantin wanita hanya membawa sejumput tanaman obat. Wangi tanaman obat tersebut dipercaya bisa menangkal pengaruh kekuatan jahat, kesialan, dan penyakit. Umumnya, para pengantin wanita menggunakan bawang putih. Kemudian pada zaman Yunani dan Romawi tradisi ini diubah dengan menyematkan rangkaian bunga pada rambut pengantin wanita sebagai perlambang kehidupan dan kesuburan.

Untuk mencari hand bouquet yang tepat, biasanya pengantin hanya memilih berdasarkan warna dan selera pribadi. Namun, setelah mengetahui artinya, ada baiknya Anda mulai berhati-hati dalam memilih bunga. Pilih bunga sesuai karakter Anda dan pasangan. Anda bisa mencoba berkreasi dalam bentuk, baik itu bulat, geometris, atau simetris. Ringan, panjang, atau ramping. Natural, elegan, atau dramatis.

Berikut tips dari Tina Andrean untuk memilih hand bouquet:

  1. Sesuaikan dengan gaun Anda. Konsultasikan dengan floris atau dekorator yang membantu pesta. Jangan memesannya mendadak, siapa tahu bunga yang Anda impikan malah sedang tidak musim, kan repot.
  2. Untuk gaun yang sederhana, buket bunga bisa didesain dengan sedikit berwarna. Sebaliknya, untuk gaun yang sangat berwarna dan penuh detail, pilih bunga yang sederhana. Perhatikan juga pita dan aksesori bunga lainnya agar tidak terlihat berlebihan bila dipadankan dengan gaun Anda.
  3. Untuk gaun putih, bisa coba padankan dengan warna-warna bunga khusus, seperti oranye atau fuchsia.
  4. Bisa pula mencoba untuk memadankan warna riasan dengan warna bunga Anda.
  5. Bila ingin bunga impor, pesanlah jauh-jauh hari.


%d bloggers like this: