Pre-Marital Check Up

02May10

“Aku percaya pasanganku sehat-sehat saja” ujar Irma senewen saat sahabat karibnya menyarankan mereka untuk melakukan cek kesehatan pranikah. Saran ini sebenarnya tidak salah. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, sebenarnya Anda dan pasangan telah melakukan tindakan preventif terhadap adanya kemungkinan penyakit bawaan dari keluarga masing-masing. Bisa jadi pasangan Anda sehat, namun memiliki penyakit “warisan” yang harus disikapi secara serius, seperti diabetes misalnya.

Pre-Marital Check Up

Pre-Marital Check Up

Dengan mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan masing-masing, maka tentu akan lebih mudah bagi Anda dan pasangan dalam melakukan upaya pencegahan yang mungkin bisa menyebabkan keguguran atau malah kelainan bagi keturunan Anda.

Di Indonesia, pemeriksaan kesehatan memang belum lazim dilakukan. Bahkan bagi sebagian kalangan, pemeriksaan kesehatan seolah tabu dilakukan karena dianggap akan menyinggung calon besan atau calon mertua dengan menguak riwayat kesehatan keluarga.

Selain itu, biaya pemeriksaan kesehatan yang tidak bisa dibilang murah ini umumnya belum dimasukkan ke dalam skala prioritas yang harus diutamakan. Masyarakat kita cenderung lebih memprioritaskan ketersediaan hidangan yang mencukupi untuk para undangan.

Di beberapa rumah sakit, sebenarnya sudah tersedia paket kesehatan pranikah yang bisa dipilih para calon pengantin. Pemeriksaan premarital yang dimaksud antara lain meliputi pemeriksaan hematologi rutin dan analisa hemoglobin untuk mengetahui adanya kelainan atau penyakit darah, pemeriksaan urinalisis lengkap yang berguna memantau fungsi ginjal dan penyakit lain yang terkait dengan ginjal atau saluran kemih, pemeriksaan golongan darah dan rhesus yang akan berguna bagi calon janin Anda, pemeriksaan gula darah untuk mengetahui adanya penyakit diabetes melitus, pemeriksaan HbsAG untuk mengetahui adanya kemungkinan peradangan hati, pemeriksaan VDLR/ RPR untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit sifilis serta pemeriksaan TORC yang dilakukan calon mempelai perempuan yang bertujuan mendeteksi infeksi yang disebabkan parasit Toxoplasma, virus Rubella dan virus Cytomegalo yang bila menyerang pada perempuan di masa kehamilan bisa menyebabkan keguguran, kelainan pada janin maupun kelahiran prematur. Biaya yang dipatok untuk pemeriksaan kesehatan pranikah ini berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 2 juta. Umumnya, pemeriksaan untuk perempuan akan lebih mahal karena menjalani pemeriksaan TORC.

Dengan menjalani pemeriksaan kesehatan pranikah, bukan berarti Anda meragukan pasangan Anda. Bukankah pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan. Pre-Marital Check Up



%d bloggers like this: