BulanMadu : Meneguk Manisnya Madu Cinta di Kupang

11Jun09
BulanMadu : Meneguk Manisnya Madu Cinta di Kupang

BulanMadu : Meneguk Manisnya Madu Cinta di Kupang

Sampai saat ini, Bali masih menjadi incaran para honeymooner sebagai lokasi favorit berbulan madu. Padahal masih ada sejumlah kota dan pulau cantik lain di negeri ini yang pantas dijadikan tempat untuk meneguk manisnya madu cinta bulan madu. Salah satunya Kota Kupang.

Kupang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Letaknya di bagian Barat Pulau Timor, berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Kupang menjadi pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, dan pendidikan. Satu-satunya pabrik penyulingan minyak cendana di Indonesia ada di kota ini. Di kota ini ada Museum Kupang yang berisi lengkap mengenai sejarah dan budaya setempat, dan juga peninggalanpeninggalan bersejarah seperti benteng-benteng tentara Jepang, Portugis, dan sekutu. Kota ini letaknya lebih dekat dengan Darwin daripada dari Jakarta yaitu sekitar 435 km. Oleh karenanya kerap disambangi turis asing terutama dari Negeri Kangguru untuk urusan berwisata termasuk honeymoon. Pusat kotanya berada di tepian teluk, bernama Teluk Kupang.

Mengapa Kota Kupang pantas dijadikan sebagai lokasi berbulan madu? Pasalnya, selain terdapat banyak akomodasi pilihan dan resto, di kota ini juga terdapat banyak obyek wisata yang menawan dan beragam. Ada obyek wisata alam, laut, pegunungan, peninggalan sejarah dan masih banyak lagi.

Soal alat transportasi, bukan masalah. Hampir di setiap hotel di kota ini tersedia penyewaan mobil yang dapat Anda gunakan untuk keliling kota bahkan sampai perbatasan dengan negara Timor Leste. Mobil sewaan tersedia dalam banyak pilihan. Anda bisa menyewa per jam, per hari atau sesuai kebutuhan. Kalau per hari tarifnya sekitar Rp 500 ribu. Di kota ini Anda pasti mudah menemukan angkutan kota (angkot) yang cukup unik bernama “bemo” yang dihias sedemikian rupa dengan berbagai aksesori. Masing-masing bemo berusaha menarik perhatian penumpangnya dengan menyetel sound system lagu-lagu yang nge-beat sekeras mungkin. Tarifnya jauh dekat Rp 2.500 per orang.

Hotel Bintang sampai Homestay
Hotel-hotel di Kupang terbagi menjadi tiga bagian, yakni hotel-hotel besar, sedang, dan hotel-hotel kecil. Hotel-hotel yang termasuk kecil antara lain Hotel Safari, Teddy’s, Marina, dan Hotel Dewata. Hotel Teddy’s berdiri sejak tahun 1996. Hotel yang berada di dekat Pantai Kupang ini memiliki 21 kamar. Tarif kamarnya berkisar antara Rp 125.000 sampai dengan Rp 275.000.

Hotel-hotel bertipe sedang antara lain Hotel Pantai Timor, Sylvia, Kupang Beach, Susi, Surya, Maya, Astiti, Cendana, dan Hotel Charvita. Sylvia merupakan hotel berbintang dua. Hotel berkonsep keluarga ini memiliki 77 kamar terdiri atas 36 kamar Standar, 36 Superior, dan 5 kamar VIP, WIP, dan Suite. Semua kamarnya tersedia TV, kulkas mini, elepon paralel, pemanas air mandi, dan bath tub. Hotel berlantai 4 ini dengan dilengkafi fasilitas lift ini merupakan salah satu dari hotel-hotel favorit di Kota Kupang.

Hotel besarnya antara lain Hotel Kristal, Sasando, Orchid Garden, dan Hotel Flobamor II. Kristal Hotel merupakan hotel bintang tiga yang berada dekat tepi pantai, tepatnya di Jalan Timor Raya No.59. Hotel ini memiliki 141 kamar berdesain menawan termasuk Junior Suites dan Club Suites.

Tempat Makan Pilihan
Untuk urusan makan, Anda tak perlu khawatir. Di Kota Kupang tersedia rumah makan, kafe, dan toko kue dengan berbagai pilihan makanan. Rumah makan di Kupang penuh rasa dan banyak macam pilihan. Karena Kupang terletak di pinggir pantai, makanannya terutama seafood seperti bermacam ikan segar, udang windu, cumi-cumi, kepiting, dan lobster. Selain itu juga rumah makan spesial bistik, kentang goreng dan selada segar.

Ada Restaurant Pantai Timor yang menyajikan masakan Cina & Indonesia yang siap melayani Anda siang dan malam. Menunya antara lain seafood segar seperti ikan laut, udang windu, kepiting dan cumi-cumi. Kalau Anda ingin steak, datang saja ke Roterdam Steak House. Pesan menu T-bone, Sirloin, Stik Merica atau memilih dari saus jamur segar atau sause “Diane”. Teman santapannya bisa roti rol hangat, kentang goreng, sayuran atau salada segar. Ingin mencicipi roti, Anda bisa pergi ke Borneo Bakery dan Gunung Intan Bakery. Di dua toko roti itu tersedia aneka kue, lumpia, pastel, pizza, roti gandum, donat dan banyak pilihan kue ulang tahun.

Menyelam Hingga Air Terjun
Tak lengkap berbulan madu tanpa menyambangi obyekobyek wisatanya. Nah, di kota Kupang tersedia beragam obyek menarik. Hanya 14 Km di luar Kupang ada Pantai Lasiana tempat bersantai bagai masyarakat lokal maupun turis. Pada hari kerja, pantai ini sepi. Pantainya sekitar 2 km, airnya tenang jadi aman untuk direnangi. Pada akhir pekan, pantai ini ramai pengunungannya. Para pedagang makanan dan minuman seperti jagung bakar, kelapa muda minuman dingin dan berbagai pilihan makanan penuh di sepanjang pinggir pantai pesona matahari tenggelamnya yang fantastis dan tentu saja romantis.

Pilihan lainnya Air terjun Oenesu di Kecamatan Kupang Barat. Berjarak 17 kilometer dari Kota Kupang. Air terjun ini memiliki empat tingkat. Anda dapat berekreasi, mandi, kemping dan menelusuri hutan wisata. Tiket masuknya Rp 1.500 untuk orang dewasa. Kendaraan roda empat harus membayar Rp 2.000 dan roda dua membayar Rp 1.000. Fasilitasnya ada saung, rumah makan, MCK, jalan setapak, dan tempat parkir.

Melihat kelengkapan dan keistimewaan Kota Kupang, rasanya tak ada keraguan untuk menjadikannya sebagai lokasi mereguk manisnya madu cinta bulan madu Anda.

Sumber : weddingku.com



%d bloggers like this: