Fitting Baju Pengantin

30Jul09

Fitting merupakan salah satu proses penting dalam fase persiapan sebelum hari pernikahan. Baju pengantin yang sudah dipilih harus pas badan, tidak besar, tidak sempit, dan tidak menimbulkan kain berkerut-kerut di badan pengantin. Harus dipastikan tak ada kesalahan jahitan ataupun salah potong. Inilah mengapa fitting merupakan kegiatan yang penting dan tidak boleh disepelekan. Berikut tips yang dikutip dari buku Tina Andrean, desainer gaun pengantin dari bukunya yang berjudul A White Dress Story.

Fitting Baju Pengantin

Fitting Baju Pengantin

Sebelum pengepasan pertama:

  • Putuskan aksesori apa yang ingin dikombinasikan dengan baju pengantin.
  • Beli pakaian dalam yang akan dikenakan di dalam baju pengantin. Harus dipastikan baju dalam tersebut digunakan pada saat pengepasan dan pada hari H. Beda baju dalam bisa memberikan tampilan yang berbeda pula.
  • Belilah sepatu yang akan dikenakan pada hari H karena tinggi sepatu dan panjang baju/rok pengantin harus disamakan.
  • Usahakan untuk menjaga berat badan hingga hari H, kalau tidak, mendekati hari H akan ada perombakan mendadak yang bisa membuat perubahan bentuk, bahkan jika terlalu mendesak, bisa-bisa jahitannya tidak rapi.

Pengepasan pertama:

  • Biasanya dilakukan 6 minggu sebelum hari pernikahan. Ajak keluarga atau sahabat tepercaya Anda untuk memberikan pendapat dan masukan.
  • Pengepasan pertama untuk memastikan warna yang digunakan dan ukuran, mulai dari lingkar leher, bentuk lengan baju, hingga panjang ujung baju. Pengepasan (fitting) dilakukan untuk memastikan sang perancang mengetahui apa yang harus dilakukan dengan baju pengantin Anda.

Pengepasan kedua:

  • Jangan lupa untuk mengenakan dan membawa pakaian dalam, sepatu, dan aksesori yang akan dikenakan pada hari H, termasuk kerudung dan sarung tangan jika memesannya dari desainer lain. Jika masih belum yakin dengan hasil akhir gaunnya, bawalah kamera. Potret diri Anda sambil mengenakan pakaian pengantin secara keseluruhan. Sepulangnya dari pengepasan, cek lagi apakah sudah puas dengan hasilnya.

Pengepasan terakhir:

  • Kali ini, ajak ibu dan teman Anda lagi untuk membantu memberi penilaian terakhir pada baju tersebut. Apakah “jatuh”-nya sudah tepat dengan tubuh Anda?
  • Cek apakah masih ada kerut-kerut atau jahitan yang tidak pas, apakah ukurannya sudah nyaman, dan lainnya. Usahakan tidak terlalu dekat hari H jika memang masih belum sreg.

Sumber : kompas.com



%d bloggers like this: