Mewujudkan Dongeng – Carol Marino

14Sep09

Aku ingin setiap pernikahan kelihatan berbeda dan mengerjakan sampai ke hal-hal terkecil untuk membuatnya tampak spesial dan unik bagi setiap pasangan pengantin. Biasanya aku pertama-tama dihadapkan pada sebuah rencana pernikahan yang belum diketahui tanggal, tempat dan temanya, yang ada hanya dua orang yang saling mencintai dan ingin menikah. Kadang-kadang klien kami memberikan anggaran yang besar dan mempercayakannya padaku untuk merancang dan membuat sebuah acara yang tak terlupakan. Mereka menyewaku karena mereka menghargai pendapat dan keahlianku, dan karena mereka ingin aku menangani semuanya. Sebagai balasannya, aku merancang acara yang menjadi salah satu momen terindah dalam hidup mereka.

Mewujudkan Dongeng - Carol Marino

Mewujudkan Dongeng - Carol Marino

Pada kesempatan lain, aku berkerja dengan dana yang jauh lebih sedikit. Ketika aku mngusulkan sebuah konsep, merencanakan setiap bagiannya, mewujudkannya dan melihat klienku terharu karena resepsi pernikahannya ternyata jauh lebih indah dari bayangan mereka, ini semua menjadi kepuasanku. Aku senang bisa membuat sebuah resepsi pernikahan terllihat dua kali lebih mahal dari sebenarnya. Aku juga senang kalau tahu mereka sangat terkesan dengan hasil kerjaku. Aku bahagia melihat para mempelai masuk ke ruangan dan mulutnya ternganga melihat hasil kerjaku. Rasanya senang sekali melihat wajah mereka yang seolah berkata, “aku belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya!”.

Terlepas dari semua hal kecil yang kutangani, bagian lain dari kerjaku adalah membuat pasangan pengantin merasa nyaman karena aku menangani mereka dan keluarganya dengan cekatan. Misalnya, aku menjadi perantara antara mempelai wanita dengan ibunya jika ide mereka saling bertentangan untuk hal-hal tertentu. Aku mencoba membereskan semua hal yang mungkin akan menyebabkan masalah sebelum hari-H, adar pada hari itu segalanya berlangsung dengan mulus. Dan itupun kadang-kadang masih kacau!. Misalnya, sebelum upacara sudah ada sebaris orang yang antre untuk bertanya padaku. Aku menjahit kancing jas pengantin pria, berbicara dengan fotografer mengenai posisi kamera, dan mendengarkan musik yang dipakai sebagai pengiring, semuanya kulakukan pada waktu bersamaan. Menangani semua ini sekaligus bukanlah hal yang mudah, dan membutuhkan latihan agar terbiasa membereskan segala sesuatu tanpa mengacaukannya. Tapi itulah tugasku, tidak hanya berusaha untuk selalu tenang dalam situasi apapun, tetapi juga menjaga agar kedua mempelai juga merasa senang.

Walaupun pernikahan adalah sebuah acara yang membahagiakan, pernikahan juga bisa menjadi hari yang menegangkan dan emosional bagi mempelai wanita, pria dan keluarga besar mereka. Begitu banyak hal yang mereka impikan pada hari itu. Biasanya ketika pasangan pengantin melihatku di acara pernikahan, mereka pun menjadi tenang karena menyadari kalau aku selalu bersama mereka, menyusun acara dan menolong mereka. Mereka percaya padaku dan tahu aku telah mengurus semuanya. Setiap koordinator pernikahan mempunyai sikap seperti ini; entah pernikahan itu besar atau kecil, mahal atau murah, setiap resepsi pernikahan adalah acara yang spesial.

Inilah Hari Spesial untuk Mereka

Aku cenderung jadi sangat dekat dengan sebagian besar klien-ku; mereka berbagi cerita denganku selama proses perencanaan, dan aku pun jadi mengenal keluarga mereka. Biasanya aku mencoba untuk tidak terlibat, tenang, santai dan profesional selama acara berlangsung, tetapi tentu saja ada pengecualian juga. Apabila sepasang pengantin mengalami banyak masalah yang harus dihadapi selama proses perencanaan. dan emosi mereka benar-benar terkuras pada hari pernikahan, susah rasanya untuk tidak terharu dan ikut meneteskan air mata.

Mewujudkan Dongeng - Carol Marino

Mewujudkan Dongeng - Carol Marino

Harapan terbesarku untuk setiap pasangan yang menjadi klienku adalah agar mereka bisa santai, menikmati acara dan bisa berkonsentrasi untuk cinta dan komitmen mereka satu sama lain. Resepsi perniakahan berlangsung sangat cepat, dan aku merasa adalah tanggungjawabku untuk memastikan bahwa mereka mempunyai kenangan mengenai kebahagiaan sekali seumur hidup itu. Dan aku percaya itulah yang selama ini telah aku lakukan!.  Mewujudkan Dongeng – Carol Marino adalah seorang wedding planner/organizer, pemilik dan pelaksana A perfect Wedding Inc.



%d bloggers like this: