Digitalisasi Undangan Pernikahan

14Jun09
Digitalisasi Undangan Pernikahan

Digitalisasi Undangan Pernikahan

Bulan haji atau bulan Dzulhijjah bagi masyarakat Jawa Barat merupakan bulan yang dianggap tepat untuk melangsungkan acara pernikahan dan ternyata bulan itu sebentar lagi akan tiba, tidak sedikit keluarga yang sibuk mempersiapkan acara pernikahan mulai dari tempat, waktu hingga masalah undangan. Terkadang, masalah undangan menjadi bahan diskusi yang panjang karena model dan bentuk undangan yang ada sangat banyak, oleh karena itu tidak ada salahnya jika Undangan Digital menjadi alternatif bagi anda yang akan melangsungkan acara pernikahan.

Pada dasarnya setiap undangan bermaksud untuk menginformasikan kepada teman-teman atau orang yang dikenal bahwa akan adanya suatu acara pernikahan, begitu pula dengan undangan digital, bahkan tidak hanya orang yang tidak anda kenal sekalipun dapat melihat undangan digital yang dikirimkan.

Belum Membudaya

Walapun sudah banyak orang yang menggunakan undangan digital sebagai alternatif undangan pernikahan tetapi hal semacam ini belum menjadi budaya karena sebagian orang menganggap tidak resmi dan terkesan sulit padahal jika dihitung secara ekonomi, ongkos pembuatan undangan digital lebih murah dan cepat.

Faktor content atau isi juga masih menjadi kendala besar dalam pembuatan undangan digital, orang terkadang dibuat bingung apa yang akan disampaikan dalam sebuah undangan digital, padahal prinsipnya sama saja yaitu ingin menginformasikan acara pernikahan dan selain itu undangan digital juga bisa dibubuhi informasi lain yang diperlukan untuk disampaikan.

Terkadang banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kita sering mengirim undangan digital, bisa melalui pesan singkat SMS (Short Message Services) yang dikirimkan lewat handphone anda atau lewat email yang dikirimkan kepada teman-teman kita.

Format Undangan

Bagi sebagian anda mungkin ada yang masih bingung dengan format seperti apa yang disediakan oleh undangan digital. Nama undangan digital sendiri di Indonesia lebih dekat dengan sebuah undangan yang dikemas dalam sebuah Video Compac Disc atau VCD padahal masih banyak format lain yang bisa digunakan, antara lain :

Website atau blog

Penetrasi internet di indonesia yang tumbuh sangat cepat sangat memungkinkan sebuah website untuk dijadikan undangan digital, selain dapat dilihat oleh semua orang, website juga dapat menginformasikan dengan lengkap acara pernikahan dan profil dari tiap tiap calon mempelai, selain itu website juga memungkinkan pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan website tadi dengan mengirimkan pesan ucapan selamat atau doa yang dituangkan dalam bentuk bukutamu ataupun message board.

Untuk membuat undangan dalam format seperti ini sangat mudah dan mudah, jika anda ingin menggunakan domain atau alamat undangan anda dengan nama sendiri misalkan http://www.agus-dewi.com maka anda tidak akan mengeluarkan biaya lebih dari 500 ribu untuk hosting selama setahun sehingga teman-teman anda yang tidak sempat berkunjung ke acara pernikahan secara langsung tetap dapat mengucapkan ucapan selamat dan doa.

Desain websitepun bisa anda buat sesuai dengan keinginan sendiri tentu saja dengan biaya tambahan lagi atau menggunakan anternatif lain yang gratis yaitu dengan memanfaatkan blog sebagai undangan pernikahan dan hal seperti ini sudah banyak terjadi di Indonesia misalkan dengan menggunakan alamat agusdewi.blogspot.com atau agusdewi.wordpress.com

Format VCD atau DVD

Jenis undangan digital ini adalah yang paling banyak digunakan dimasyarakat, selain tidak menghilangkan budaya kirim-kirim surat undangan, format ini juga bisa dibubuhi informasi tentang anda dan pasangan anda yang dikemas dalam format audio, apalagi jika anda mempunyai koleksi lagu pribadi buatan sendiri yang ingin dipromosikan ataupun anda mempunyai lisensi untuk memperbayak sebuah lagu tertentu dan kesemuanya dibubuhkan dalam udangan digital maka undangan digital anda akan disimpan baik-baik oleh teman-teman karena ada lagu ataupun video yang sewaktu-waktu bisa didengakan kembali.

Format Audio dan MP3

Jenis undangan ini belum umum digunakan karena terkesan tidak mempunyai nilai tambah jika hanya suara saja yang menginformasikan acara pernikahan kecuali bila dibubuhi lagu-lagu yang berlisensi untuk disebar luaskan.

Format SMS dan MMS

SMS (Short Message Services) adalah undangan yang paling sederhana dan yang paling mudah, hanya saja kendala yang dihadapi adalah SMS hanya dapat mengirimkan 160 karakter, sehingga terkadang butuh dua kali pengiriman untuk menyampaikan semua informasi acara pernikahan, begitu pula dengan MMS (Multimedia Message Services) , kelebihan MMS adalah kita bisa menyertakan multimedia dalam pesan kita dapat berupa gambar ataupun suara, hanya saja tidak semua handphone teman-teman kita dapat menerima pesan dalam format MMS

Format Email dan Kartu Elektronik

Email dan kartu ucapan elektronik (e-card) juga menjadi alternatif undangan digital yang bisa dibuat selain dapat menginformasikan tentang pernikahan secara lengkap, email ataupun e-card dapat dibubuhi gambar dan animasi yang indah yang mencerminkan meriahnya pernikahan yang akan dilakukan. Anda tinggal buat text atau naskah yang akan dijadikan undangan dan langsung dikirimkan kepada teman-teman yang mempunyai email.

Selain format-format tadi kedepan kemungkinan masih banyak format yang memungkinkan dijadikan sebuah undangan digital apalagi pertumbuhan teknologi terus berkembang.

Nilai tambah

Banyak kendala yang menjadikan undangan digital tidak menjadi undangan utama saat merencanakan pernikahan, hal ini dikarenakan kita masih sulit untuk menghitung berapa banyak yang melihat undangan digital kita oleh karena itu undangan digital biasanya dijadikan nilai tambah pada undangan kita.

Undangan konvensional berupa kertas yang disertai dengan sekumpulan lagu VCD sudah barang tentu akan terus diingat dan disimpan oleh penerima undangan ataupun dalam undangan konvensional yang anda kirimkan dicantumkan sebuah alamat website undangan pernikahan anda maka teman-teman anda yang terbiasa menggunakan internet sudah dipastikan akan berkunjung ke website tadi dan meninggalkan ucapan selamat atau doa untuk anda. Tertantang untuk mencoba membuat undangan digital?

SUmber : mq



%d bloggers like this: