Online Wedding Diary – Sebuah Kenangan Abadi

13Sep09

Teknologi canggih mengalami transformasi yang luar biasa dari waktu ke waktu. Penemuan teknologi internet yang mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi antara umat manusia adalah hal yang patut kita syukuri. Teknologi ini pulalah  yang bisa mempermudah pelaksanaan persiapan pernikahan.  Apalagi buat mereka yang “melek” internet bisa menciptakan sebuat situs pernikahan sendiri yang sifatnya lebih personal. Salah satu contoh situs pernikahan yang bisa anda akses www.ketutadicandra.com, disini ada bisa membayangkan sendiri tentang gambaran fungsi sebuah situs pernikahan.

Online Wedding Diary - Sebuah Kenangan Abadi

Online Wedding Diary - Sebuah Kenangan Abadi

Situs sebuah acara pernikahan memang tidak menjadi hal yang primer. Tapi untuk menambah daya kenangan selain foto-foto, sebuah situs mungkin bisa menjadi alternatif lain. Apalagi, sekaligus untuk menyambung informasi dengan teman-teman yang tidak bisa hadir. Situs sebuah acara pernikahan menjadi media informatif tentang kisah cinta anda dan pasangan, dimana anda bisa menyampaikan berbagai cerita seputar prosesi pernikahan anda. Beberapa fungsi sebuah situs pernikahan antara lain :

  • Semua hal yang anda ingin sampaikan. Tentang ksiah cinta anda dan pasangan. Tampilkan foto dan video anda berdua yang menarik disertai keterangan foto dan video jika memungkinkan.
  • Menyebarkan informasi tentang acara pernikahan anda, kapan dan dimana diselenggarakan.
  • Anda dapat mencantumkan alamat situs pernikahan anda di undangan cetak yang dikirimkan, agar para undangan dapat mengakses informasi ini.

Situs pernikahan membuat semua orang yang anda kenal dan terlibat dalam upacara maupun resepsi pernikahan anda merasa menjadi bagian dari hari bersejarah anda.  Bagi pasangan yang menggunakan undangan digital seperti email dapat juga menyertakan alamat situs pernikahan dalam format email undangan yang dikirimkan. Walau hanya sebagai tambahan, format undangan dalam bentuk email juga sangat efektif sebagai sarana pengundang yang menginformasikan hari dan tempat pernikahan, disamping mengirimkan juga undangan konvesional.

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat situs pernikahan :

  • Simpel
    Apa aja yang ada di dalam website pernikahan? Hal-hal yang utama adalah gallery photo dan buku tamu. Selain itu, hanya beberapa konten statis yang berisi macam-macam yang masih berhubungan dengan si penganten. Jadi, buatlah tiap halaman semudah dan sesimpel mungkin untuk di akses.
  • Gallery
    Gallery photo dan video memang merupakan hal yang wajib. Tapi tak ada yang salah jika belum ada photo dan video yang bisa ditampilkan untuk sementara ditangguhkan sampai acara pernikahan selesai. Tapi, menampilkan foto dan video calon penganten adalah sebuah hal yang wajib.
  • Buku Tamu
    Buku tamu memang sebuah hal yang sangat jadul. Tapi mau tidak mau, sekedar menampung komentar pembaca, buku tamu sebaiknya dihadirkan.
  • RSVP
    Buatlah fitur RSVP/konfirmasi kehadiran dalam situs pernikahan anda. fitur ini akan mempermudah anda untuk memprediksi jumlah tamu yang akan hadir.
  • Unik
    Buatlah halaman yang unik. Karena setiap yang unik biasanya bisa selalu terngiang-ngiang dalam setiap pikiran orang yang melihatnya.

Jika pesta telah usai, situs pernikahan dapat tetap digunakan sebagai sarana informasi tentang pesta prosesi pernikahan anda. Para undangan yang tidak bisa hadir bisa melihat foto dan video saat anda dan pasangan menjalani hari bahagia tersebut. Bisa juga disediakan fitur “pemberian komentar” dari para undangan yang hadir, para vendor yang terlibat atau bahkan teman dan kerabat yang tidak sempat hadir dalam upacara pernikahan anda. Tambahkan juga cerita-cerita selama prosesi sebelum pernikahan, hari pernikahan hingga setelahnya. Situs pernikahan ini bisa menjadi semacam “online wedding diary” yang sangat berharga nilainya bagi anda berdua.

Online Wedding Diary - Sebuah Kenangan Abadi

Online Wedding Diary - Sebuah Kenangan Abadi

Situs pernikahan ini dapat juga menjadi menjadi obat yang manjur sekali untuk pasangan yang sedang dalam masalah, dengan mulai kembali membuka situs pernikahan tersebut, melihat foto halaman depan, masuk ke dalam ada alunan musik yang romantis, kemudian pada tiap-tiap halaman ada beberapa patah kata/kalimat yang dapat meredam segala macam amarah, ego dan pikiran/sifat buruk lainnya. Mengantarkan kembali kesaat awal sebuah pernikahan, dimana janji-janji disebutkan. Kembali mengingat essensi dan makna sebuah pernikahan pada awalnya.  Maka usahakan untuk membuat sebuah situs pernikahan yang baik dan tertata rapi, bila mempunyai dana lebih bisa menganggarkan alokasi khusus untuk domain dan hosting situs pernikahan anda secara spesifik daripada hanya mengandalkan layanan situs gratisan ala blog yang banyak tersedia di internet, dan bila tetap menggunakan layanan situs gratisan usahakan untuk tetap membuat tampilan situs pernikahan anda unik dan menarik, agar tiap momen berharga bisa tetap ditampilkan dan diakses orang banyak dengan mudah. Meninggalkan sebuah kenangan abadi yang tak-terlupakan selamanya. Online Wedding Diary – Sebuah Kenangan Abadi



%d bloggers like this: