Tips Memilih Katering Resepsi Pernikahan

08Jun09
Tips Memilih Katering Resepsi Pernikahan

Tips Memilih Katering Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan diadakan karena salah satunya bertujuan untuk merayakan sebuah momen terpenting dari sepasang manusia yang baru mengikat komitmen untuk hidup dalam satu bahtera rumah tangga demi terciptanya keluarga yang bahagia. Tentu saja dalam acara resepsi ini, kepuasan dari seluruh tamu undangan merupakan pencapaian utama yang menjadi parameter kesuksesan dari keseluruhan acara resepsi. Banyak faktor yang menentukan kesuksesan dalam mengadakan sebuah resepsi pernikahan, dan dalam tulisan ini saya akan membahas salah satu faktor yang memberikan pengaruh cukup signifikan bagi kepuasan para tamu undangan yaitu katering.

Sebelum mengadakan sebuah resepsi diperlukan serangkaian persiapan mulai dari menentukan konsep acara hingga mencari pihak-pihak pendukung acara resepsi yang ingin Anda selenggarakan, salah satunya adalah mencari dan memilih pengusaha catering mana yang akan menyediakan santapan lezat dan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu undangan Anda dalam acara resepsi. Saya akan memberikan beberapa tips kepada Anda bagaimana memilih catering yang dapat mendukung kesuksesan  acara resepsi pernikahan Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda jadikan pedoman dalam mencari dan memilih pengusaha catering:

Carilah katering yang dapat memberikan bonus tambahan jenis makanan

Bonus di sini menjadi begitu penting karena pada kenyataannya sering terjadi jumlah makanan tidak mencukupi untuk seluruh tamu yang datang pada acara resepsi, maka bonus ini bisa menjadi penyelamat Anda. Namun Anda harus hati-hati karena tidak sedikit pengusaha katering yang seolah-olah memberikan bonus dengan baik hati padahal bonus tersebut diambil dari jumlah makanan yang Anda pesan, misalnya Anda memesan 500 porsi lalu ternyata hanya dibuatkan 400 porsi dan yang 100 porsi sisanya dialihkan ke “bonus” yang seolah-olah diberikan oleh pengusaha katering tersebut.

Pilihlah katering yang memberikan garansi produk makanannya

Biasanya pihak pengusaha katering akan mengundang kliennya untuk mencicipi tester makanan sesuai dengan menu yang sudah dipesan sebelumnya, lalu apabila ada kekurangan dapat Anda kemukakan langsung pada saat itu juga. Adapun pihak katering yang nakal dengan cara memberikan tester yang bukan produk mereka dan alhasil rasa makanan yang hadir pada acara resepsi Anda menjadi berbeda dengan saat mencicipi makanan tester, selain itu mungkin pula terjadi makanan yang datang pada acara resepsi ternyata sudah dalam keadaan tidak layak makan atau sudah basi. Oleh karena itu pihak katering yang mampu memberikan garansi terhadap produknya yang tidak sesuai dengan tester ataupun dalam keadaan basi, dapat dijadikan referensi pilihan sebagai penyedia makanan dalam acara resepsi Anda.

Katering yang mau membuka dapurnya ke klien jauh lebih baik.

Beberapa pengusaha katering ada yang tertutup dalam hal proses pembuatan produknya, namun tidak sedikit pula pengusaha katering yang dengan besar hati mempersilahkan kliennya untuk menyaksikan proses pembuatan makanannya di dapur. Hal ini begitu penting mengingat banyak zat-zat berbahaya (pewarna pakaian, dll) yang dijadikan bahan makanan dan dengan mudahnya bisa didapatkan di pasaran, selain itu dengan Anda dapat melihat dapurnya maka Anda bisa menilai kehigienisan proses pembuatannya.

Tanyalah sebanyak mungkin, dan perhatikan kesabaran pengusaha katering menjawab pertanyaan Anda

Hal ini mungkin sepele, namun dari sinilah Anda dapat menilai sejauh mana pelayanan dari pengusaha katering tersebut. Semakin sabar si pengusaha dalam menjawab boleh jadi merupakan cerminan mereka dalam melayani para tamu dalan acara resepsi Anda nantinya, dan dengan kesabaran itulah makanan-makanan lezat dapat dihasilkan.

 Jadi bukan hanya kelezatan makanan yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan katering, namun juga kualitas pelayanan yang diberikan kepada para tamu undangan menjadi begitu penting mengingat kepuasan bukan hanya datang dari lidah tetapi dari seluruh indera yang dimiliki oleh manusia.

Sumber : feriluna



%d bloggers like this: