Mata Kering Di Hari Pernikahan

06Jun09
Mata Kering Di Hari Pernikahan

Mata Kering Di Hari Pernikahan

Calon pengantin menghadapi banyak tekanan ketika merencanakan pernikahan, tapi jangan sampai salah satunya adalah masalah kesehatan. Mata yang kering sering kali terjadi pada calon pengantin tapi banyak diantara mereka tidak menyadari gejalanya dan bagaimana mengatasinya. Para calon pengantin harus menyadari terjadi kekeringan pada mata karena hal itu dapat menyababkan mata merah, gatal dan mata teriritasi yang tentu saja ketika difoto tidak akan mendapatkan hasil yang bagus.

Ada dua alasan untuk hal tersebut. Pertama adalah perubahan kelembaban. Perubahan yang tiba-tiba dari keadaan lembab ke kering sangat mempengaruhi wanita yang rentan mengalami mata kering, termasuk mereka yang menghaiskan banyak waktu di depan komputer atau dekat dengan pendingin atau penghangat ruangan. Tubuh memiliki kemungkinan besar bereaksi negatif terhadap perubahan yang tiba-tiba dibanding dengan pergerakan yang berangsur-angsur. Alasan kedua adalah yang paling umum terjadi yaitu alergi.

Ketahui gejalanya

Menyadari kalau mata anda menderita gejala mata kering akan membantu anda mengatasi masalahnya sebelum keadaan menjadi lebih buruk. Gejala tsersebut meliputi kekeringan, sakit, seperti ada pasir, pedih atau seperti terbakar didalam mata. Mata kering biasanya ditandai dengan keluarnya banyak air mata.

Ketahui cara mengatasinya

Mata kering atau keratocunctivitis sicca (kekeringan pada mata karena kekurangan air mata) biasanya ditandai dengan adanya rasa berpasir di mata, tidak nyaman, rasa kering, rasa panas, tidak tahan angin, dan tidak tahan membaca dalam waktu yang lama. Biasanya gejala tersebut akan semakin terasa menjelang malam. Karena itu, kenali beberapa pemicu mata kering agar terhindar.

Usahakan untuk mengistirahatkan mata setelah beberapa saat. Anda bisa memejamkan mata sejenak agar bola mata bisa dibasahi secara alami dan memandang ke arah sambil mengedipkan mata.

Jangan mengarahkan mata ke udara yang berhembus kencang di depan kipas angin, pengering rambut, atau dekat jendela. Sangat dianjurkan pula untuk menggunakan kacamata jika berada di tempat-tempat tersebut. Selain itu, ketika hendak berenang jangan lupa mengenakan kacamata renang untuk menghindari iritasi.

Jika ada waktu, kompreslah mata beberapa menit. Langkah ini dimaksudkan untuk mengurangi warna kemerahan dan keletihan pada mata kering. Selain langkah di atas, Anda juga bisa menggunakan obat tetes yang banyak dijual di pasaran. Namun, Anda harus memperhatikan dengan saksama komposisi dari obat tetes mata tersebut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan obat tetes mata yang baik untuk mata Anda.

Mengobati dengan obat tetes air mata akan menghilangkan gatal dan sakit jadi anda bisa tetap fokus merencanakan detil pernikahan anda. Obat tetes air mata akan menyejukkan mata dan menghilangkan ketidaknyamanan. Perlu diingat untuk tidak memilih obat tetes air mata yang mengandung vasoconstrictors. Vasoconstrictors menyumbat aliran darah ke mata dan dapat menyebabkan mata merah.

Sumber : various



%d bloggers like this: