Sentuhan Pribadi dalam Ritual Resepsi Pernikahan

17Jan10
Pernikahan yang sempurna tidak hanya indah dan lengkap dalam proses pelaksanaannya, bukan hanya sekedar ritual semata. Pernikahan yang sempurna seharusnya mampu mencerminkan rasa cinta antara pasangan yang melangsungkan pernikahan. Pernikahan tersebut kaya akan makna-makna simbolis ke dua pasangan, mencerminkan sentuhan pribadi tiap pasangan yang melangsungkan pernikahan dan gambaran unik ke dua pasangan tersebut. Sehingga proses pernikahan tersebut tidak hanya lengkap dari sisi ritual pelaksanaan tapi juga memuat gambaran personal tiap pasangan dan ungkapan kebahagiaan pasangan yang sedang melangsungkan pernikahan dan semua yang terlibat dalam prosesi acara pernikahan tersebut.
Sentuhan Pribadi dalam Ritual Resepsi Pernikahan

Sentuhan Pribadi dalam Ritual Resepsi Pernikahan

Berikut adalah beberapa cara yang sangat sederhana untuk menambahkan sentuhans yang unik dah penuh dengan cita rasa pribadi, sentuhan unik untuk upacara dan resepsi pernikahan:
  1. Menulis janji pernikahan anda sendiri selain ritual janji yang harus diucapkan sesuai dengan aturan dan ajaran amsing-masing agama. Tidak perlu spesifik seperti puisi dan tidak perlu pula harus membacanya pada prosesi pernikahan, yang penting adalah bahwa ikrar janji tersebut berasal dari hati anda sendiri. Masukkan tulisan tersebut dalam kartu undangan anda dan masukkan juga dalam kartu ucapan terimakasih yang biasanya ada dalam suvenir pernikahan.
  2. Buatlah sebuah CD yang berisi lagu-lagu yang melambangkan hubungan Anda dan dinamika perjalanan hubungan anda hingga proses pernikahan. Putar CD lagu ini selama resepsi atau bahkan anda bisa mendistribusikan salinan CD tersebut sebagai suvenir atau tambahan suvenir pernikahan. Lengkapi juga dengan memasukkan sepotong kecil kertas pesan yang menjelaskan mengapa anda berdua memilih lagu-lagu tersebut.
  3. Para tamu undangan sering mempunyai waktu luang selama prosesi acara., yang biasanya dihabiskan dengan bercengkerama dan berbincang sesama undangan dan sanak keluarga. Sediakanlah sebuah meja disalah satu sudut atau di tengah-tengah ruangan acara resepsi. Dimeja tersebut sediakan beberapa pena dan kertas potongan kecil dalam keranjang cantik. Mintalah para tamu undangan untuk menulis keinginan mereka, doa, atau saran untuk anda dan pasangan anda. Setelah acara resepsi potongan-potongan kecil kertas ini dapat anda kumpulkan dalam sebuah album yang bisa menambah kenangan anda berdua.
  4. Sebagian besar acara resepsi pernikahan akan bercerita hanya tentang pasangan yang melangsungkan pernikahan. Berdayakanlah para tamu undangan, dengan membuat sebuah video yang berisikan komentar-komentar tentang anda dan pasangan anda, bisa juga tentang prosesi acara pernikahan anda dan orang-orang yang terlibat didalamnya. Biarkan para tamu undangan mengeluarkan kesan mereka tentang cinta sejati anda dan pasangan anda dari awal hingga menikah. Abadikan komentar mereka-mereka yang dekat dengan anda, komentar para keluarga dan mereka yang telah banyak meluangkan waktu hingga prosesi acara pernikahan anda dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Cara ini juga adalah kesempatan anda dan pasangan anda  untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka semua sekaligus mengabadikannya untuk kenangan prosesi pernikahan anda.
  5. Memadukan sentuhan budaya dalam totalitas prosesi acara pernikahan juga akan memberikan nila kesan yang lebih mendalam dan personal. Sentuhan budaya dari tiap pasangan, misal pasangan berasal dari daerah dengan budaya berlainan bisa menggabungkan atau menjalankan kedua ritual budaya tersebut.
  6. Memakai pernak-pernik dan perlengkapan pernikahan peninggalan orang tua dan keluarga. Sebagai contoh, anda dapat menggunakan cadar nenekmu, atau memakai liontin milik ibumu. Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan rasa kesinambungan antara generasi, merayakan pernikahan anda  dengan sentuhan dan cita rasa keluarga anda sendiri, secara tidak langsung melibatkan kenangan akan mereka dan melanjutkan nilai-nilai keluarga anda.
  7. Mempersiapkan presentasi audio-video yang akan diputar selama acara, menempatkan layar besar yang memutar momen spesial anda dan pasangan dengan berbagai anggota keluarga dan teman-teman. Presentasi ini bisa saja sederhana berupa montase foto masa kanak-kanak hingga dewasa. Sebuah presentasi yang bisa menimbulkan rasa keharuan dan kedekatan, sesuatu yang bisa membuat prosesi pernikahan anda menjadi penuh dengan sentuhan pribadi anda dan pasangan serta keluarga yang terlibat.
  8. Jika anda masih memiliki saudara kandung yang masih muda dan anggota-nggota keluarga yang sangat dekat dengan anda, mintalah mereka untuk selalu berdiri disamping anda selama prosesi acara pernikahan. Menciptakan nilai tambah personal tentang anda, selain akan menambah erat rasa kekeluargaan juga mengapresiasikan mereka yang selama ini berdiri dan berkorban untuk anda. Momen spesial anda ini haruslah tetap melibatkan dan menjadi milik mereka-mereka yang sangat spesial untuk anda.
  9. Buatlah berbagai acara lain yang bisa menggambarkan personalitas diri anda dan pasangan anda. Tidak hanya seputar pengambilan gambar dan video, atau hanya prosesi salam-salaman dan menikmati hidangan. Buatlah acara-acara yang bisa menambah makna khusus dan memberikan banyak tambahan kenangan yang bisa diingat tentang anda dan pasangan anda dan juga tentang prosesi acara pernikahan anda.
Menambahkan berbagai elemen kecil yang menggambarkan sesuatu tentang anda dan pasangan anda dan hubungan Anda sebagai pasangan. Sebagai contoh, jika Anda berikan bingkai foto, anda dapat menyisipkan sebuah puisi yang anda tulis atau salinan janji pernikahan anda. Jika anda dan pasangan anda bertemu di sebuah pantai (dan akan lebih suka tidak memilih pernikahan bertema pantai) anda tetap dapat menyelipkan kerang dan pasir atau pernik yang ada di pantai di attribut undangan, suvenir dan pesta pernikahan anda, yang menggambarkan pantai sebagai tempat pertemuan anda dan pasangan anda. Sentuhan Pribadi dalam Ritual Resepsi Pernikahan


%d bloggers like this: