BulanMadu : Keindahan Alam di Pulau Moyo

11Jun09
BulanMadu : Keindahan Alam di Pulau Moyo

BulanMadu : Keindahan Alam di Pulau Moyo

Meskipun kecil, pulau yang sepi namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa ini, berhasil memikat beberapa orang “besar” sekaliber Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Tidakkah Anda tertarik ber-honeymoon di tempat yang romantis ini setelah sebelumnya disibukkan dengan persiapan di hari pernikahan Anda?

Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata ketenangan. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya yang masih alami, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut. Pantas saja jika banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang bertandang ke pulau yang eksotis dan tenang tersebut.

Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Namun, dengan kondisi alam yang masih sangat alami, Anda tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu agar tidak tersesat.

Wisata Air Terjun dan Aneka Burung Langka
Saat berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau. Di samping itu, Air terjun berundak Mata Jitu yang berada di taman burung Pulau Moyo juga menjadi daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat Anda jumpai aneka macam burung dan salah satu di antaranya adalah  megapodius.

Pulau Moyo juga merupakan surga bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini. Di antaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung Gosong ini sungguh unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Menikmati Keindahan Bawah Laut
Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini adalah keindahan alam bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat Anda nikmati dengan snorkeling maupun diving. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Anda juga bisa menyaksikan Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Semua pemandangan di depan mata akan membuat siapapun yang melihatnya takjub. Cantik dan indah! Anda juga bisa diving di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Pemandangan bawah laut di tempat ini tak kalah indahnya. Honeymooners bisa menghubungi Laguna Biru Resort yang berada di pinggiran kota Sumbawa Besar. Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan kapal pesiar biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.

Transportasi yang Kian Mudah
Bermalam di Pulau Moyo bukanlah perkara yang sulit. Resor satu-satunya yang ada di Pulau Moyo dikelola pihak ketiga yang mengelola Pulau Moyo. Resor ini menggunakan tenda yang jumlahnya mencapai 20 buah. Namun, tak perlu khawatir. Meski hanya terbuat dari tenda, tapi segala kemewahan layaknya sebuah resor tetap dimiliki tempat ini. Anda tentu dapat menikmati kenyamanan dan ketenangan bermalam di Amanwana Resort bersama pasangan. Anda juga bisa menikmati fasilitas di resor yang berlokasi di Dusun Gedal, Pulau Moyo, seperti internet, dokter 24 jam, perpustakaan, makan pagi dan masih banyak lagi. jangan lewatkan paket jungle trekking, diving, dan snorkeling. Sayangnya, karena jauh dari jangkauan wisatawan domestik, promosi tentang pulau Moyo masih sangat sedikit. Untuk honeymoon ke tempat ini, dibutuhkan ketersediaan waktu dan dana yang cukup lumayan.

Sumber : weddingku.com



%d bloggers like this: