BulanMadu : Lombok

11Jun09
BulanMadu : Lombok

BulanMadu : Lombok

LOMBOK terletak tepat di sebelah timur pulau Bali. Lombok merupakan tempat tujuan wisata yang paling popular di Nusa tenggara, dengan fable pulau Gili yang menarik wisatawan untuk beraktifitas di air maupun di luar air, Gunung Rinjani yang menjadi daya tarik turis, dan di garis pantai selatan yang menjadi magnet bagi peselancar karena ombaknya yang sangat besar.

Tak bisa dipungkiri, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi surga bagi para wisatawan. Selain objek wisata pantai, pulau di sebelah Timur Bali ini memiliki keindahan alam pegunungan yang mempesona. Salah satunya adalah wisata alam Gunung Rinjani di Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur.

Keindahan Pantai Senggigi, itulah yang terlihat ketika Anda berwisata ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai yang terletak 12 kilometer dari sebelah barat laut ibu kota NTB, Mataram ini terbentang sepanjang 10 kilometer dengan hamparan pasir putih yang menggoda Anda untuk duduk di atasnya. Pengunjung bisa menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan air laut berwarna biru gradasi hijau. Bahkan, suasana Pantai Senggigi akan terasa lebih romantis saat matahari terbenam.

Di sekitar Pantai Senggigi banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati hingga pemondokan. Salah satunya adalah The Qunci Private Villas. Di vila berkelas internasional ini, Anda seolah mendapat pelayananan layaknya seorang raja. Semua fasilitas di tempat ini serba pribadi seperti kamar dan kolam renang pribadi, perpustakaan, hingga koki yang hanya disediakan untuk melayani pesanan Anda.

Melancong ke Senggigi tak akan lengkap jika belum berolahraga air. Berbagai olahraga yang memacu adrenalin tersedia di Air and Water Sports and Cafe. Bagi penggemar jet ski, Anda rupanya harus merogoh kantong lebih dalam. Sebab, harga yang ditawarkan cukup mahal, yaitu Rp 200.000 setiap 15 menit. Sedangkan bagi wisatawan yang membawa uang pas-pasan, bisa menggunakan kano seharga Rp 10 ribu per jam untuk menyusuri Pantai Senggigi. Fasilitas olahraga lainnya yang banyak digemari wisatawan adalah parasailing, snorkeling, serta banana boat.

Objek wisata lain di Pulau Lombok yang menarik dikunjungi adalah Desa Sade. Desa tradisional suku Sasak ini terletak 30 kilometer dari Bandar Udara Selaparang, Mataram. Rumah penduduk Desa Sade masih tampak asli yang terbuat dari bambu. Lantai rumah juga bukan terbuat dari semen melainkan tanah liat. Alhasil, warga biasa membersihkan lantai dengan kotoran kerbau agar debu mudah dihilangkan.

Banyak orang berpikir Bali sudah terlalu padat dan ramai sehingga membuat Lombok menjadi suatu alternative yang sangat baik dimana keindahan alamnya juga tidak kalah oleh Bali. Lombok menawarkan resort-resort yang sangat menawan, pantai yang sangat indah.

Lombok menawarkan suatu kerajinan tangan yang cukup terkenal di daerah Cakranegara (sebelah timur dari Mataram). Kerajinan ini memiliki nilai tinggi di Lombok. Jika dibandingkan dengan Bali, harganya masih lebih murah.

85% penduduk Lombok merupakan suku sasak, budaya dan bahasa mirip dengan Bali, jika di Bali Hindu, di Lombok adalah Muslim. Bahasa mayoritas adalah bahasa sasak.

Sumber : various



%d bloggers like this: