Jumlah Undangan

10Jun09
Jumlah Undangan

Jumlah Undangan

Salah satu langkah awal mempersiapkan pernikahan adalah menentukan jumlah undangan. Mengapa? Karena jumlah undangan akan sangat mempengaruhi anggaran pernikahan Anda. Misalnya, semakin banyak undangan Anda, semakin banyak juga kartu undangan yang harus dicetak. Biaya catering  yang merupakan pos pengeluaran terbesar juga terpengaruh dengan banyaknya undangan. Bila ternyata jumlah undangan ternyata terlampau banyak bagaimana membatasinya dengan tepat?

Terkadang para pasangan memang sudah melakukan perhitungan jumlah undangan. Dengan setulus hati mereka ingin berbagi kebahagiaan kepada semua orang yang hendak diundang. Namun sayangnya terbentur beberapa masalah seperti jumlah undangan yang ternyata melebihi kapasitas ruangan (bagi mereka yang sudah memesannya), atau ternyata melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Set U”r Priority
Untuk itu, buatlah daftar prioritas undangan Anda dengan mengurutkan urutan terpenting terlebih dahulu.

  • Prioritaskan seluruh keluarga Anda dan kerabat yang dekat.
  • Sahabat karib dari Anda dan pasangan yang kehadirannya akan membantu penyelenggaraan pesta.
  • Para pimpinan tempat Anda dan pasangan bekerja.
  • Rekan-rekan satu divisi. Bila ternyata pada titik ini, jumlah undangan Anda sudah sangat terbatas. Jangan hanya mengundang beberapa orang dan mengabaikan yang lain. Akan lebih baik bila Anda tidak mengundang. Jelaskan secara terbuka pada mereka. Berikan alasan sesungguhnya kalau undangan keluarga dan orang tua sudah banyak sehingga tidak dapat mengundang mereka. Mintalah maaf kepada mereka karena tidak dapat mengundang. Bila ternyata Anda tidak enak hati, Anda dapat melakukan perayaan kecil-kecilan bersama rekan-rekan divisi sebagai rasa ucapan syukur. Biayanya tentu tidak akan besar.

Tips : Jangan lupa, apabila pembatasan jumlah undangan harus dilakukan, kedua pihak keluarga harus berkontribusi. Jangan sampai hanya salah satu keluarga saja yang “terpaksa” harus melakukannya.

Make Sure of Their Attendance
Apabila Anda telah menghitung jumlah undangan, buatlah dalam sebuah daftar “priority guest list”. Kemudian perkirakan kedatangan para undangan. Caranya dengan mengirimkan kartu undangan awal yang berguna untuk memastikan kedatangan mereka. Biasanya kartu ini dikirimkan 3 minggu sebelum pernikahan. Bila ternyata ada undangan dalam daftar prioritas Anda yang berhalangan datang, Anda atau pasangan dapat mempertimbangkan mengundang orang yang berada pada daftar prioritas berikutnya.

Pikirkan untuk mengurangi tamu undangan yang kurang pasti kehadirannya. Misalnya, teman yang sudah sangat lama tidak berjumpa, teman yang berada di luar kota atau teman yang memiliki anak kecil. Kriteria undangan ini dapat Anda hapus sesuai dengan kesepakatan bersama.

Langkah pertama, amati kembali daftar undangan, beri tanda pada nama-nama yang wajib diundang. Sisanya bersifat undangan tidak wajib. Langkah berikutnya adalah – pangkas nama-nama pada daftar yang tidak wajib diundang. Caranya, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Dalam setahun terakhir apakah Anda bertemu dengannya?
  • Dalam 6 bulan terakhir, apakah Anda bicara dengannya?
  • Tahun lalu, apakah Anda mengirim kartu lebaran/natal untuknya?

Bila jawabannya “tidak” untuk ketiganya, maka sah-sah saja Anda mengahapus nama itu dari daftar undangan.  Bila ternyata daftar undangan masih perlu dipangkas ulang, coba ikuti petunjuk berikut:

  • Jangan mengundang orang tua dari teman Anda bila memang tidak mengenalnya dengan baik. Kecuali bila pesta ini terselenggara berkat kontribusi orangtua Anda, maka mereka boleh-boleh saja menambah sejumlah nama dalam daftar undangan.
  • Jangan undang teman SMA atau kuliah bila memang tidak mungkin lagi akan bertemu mereka.
  • Jangan mengundang saudara jauh.
  • Jangan mengundang rekan bisnis (kecuali yang benar-benar akrab).
  • Jangan mengundang orang hanya karena pernah diundang. Jika memang kehilangan kontak, jangan merasa berkewajiban untuk mengundangnya.

Mungkin Anda merasa buruk karena harus menyingkirkan mereka dari daftar undangan Anda – namun sayangnya ini merupakan cara tercepat untuk menghemat uang dalam perencanaan pesta pernikahan Anda!

Tips: Dalam menentukan prioritas undangan, bisa saja terjadi kesalahpahaman. Bila ternyata terjadi, segera cari jalan keluar terbaik. Jangan sampai masalah undangan mempengaruhi aktifitas Anda yang lain.

Sumber : duniawedding.com



%d bloggers like this: