Bahasa Warna

20Jan10

Warna melengkapi kehidupan semesta, maka warna jugalah yang menjadi pelengkap dari atmosfer venue pesta pernikahan anda. Dekorasi tidak akan terasa lengkap tanpa pemilihan WARNA yang sesuai dengan “jiwa” yang ingin anda ekspresikan di hari pernikahan.Kita sering terpukau dengan keindahan pelangi. Kita juga sering terpukau dengan indahnya alam. Birunya langit mampu menenangkan jiwa. Hijaunya pohon menghadirkan sebuah kesegaran dan kesejukan mata maupun perasaan. Memang, warna seakan tercipta untuk dapat memberi pengaruh pada suasana hati dan emosi manusia.

Bahasa Warna - The Rhythm of Color

Bahasa Warna - The Rhythm of Color

Melihat warna adalah pengalaman visual yang sangat menarik. Warna-warna dingin membuat kita merasa lebih tenang, mengurangi ketegangan dan temperature tubuh. Warna-warna dingin, seperti hijau, biru dan ungu di alam yang kita sering temukan pada langit, air, kabut, pepohonan, awan, warna-warna ini tampil menyegarkan, menenangkan dan menentramkan.

Sebaliknya warna-warna hangat seperti, merah, orange, kuning membuat suasana hati diliputi kegembiraan dan keceriaan. Sehingga penggunaan warna hangat yang dipadukan dengan warna dingin dapat dipakai sebagai latar belakang warna yang dapat memberi dimensi. Sedangkan warna hangat digunakan sebagai warna aksen pemberi keceriaan. Untuk menjelaskan kekuatan warna, pandangan dari segi psikologi mengemukakan bahwa warna lebih dekat hubungan kepada emosi daripada kepada bentuk. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenal warna dengan seksama. Memahami asosiasi dan psikologi warna akan mempermudah kita untuk mendapatkan panduan secara efektif.

MERAH
Merah berasosiasi pada suatu kebangkitan selera, kegairahan, dan semangat yang membara. Merah banyak dipakai sebagai lambang keberanian, kekuatan, sensualitas dan bahaya. Merah sangat ekspresif dan dinamis dalam mempresentasikan cinta dan kehidupan. Dalam penerapannya warna merah cocok digunakan bagi tujuan promosi dan penjualan terutama yang sifatnya impulsif, seperti brosur komersial, interior toko retail dan restoran cepat saji.

ORANGE
Warna ini memiliki aura yang erat dengan ke-optimisan, muda dan kreatif. Kreativitas dapat terinspirasi lewat warna ini. Dalam lingkaran warna, warna jingga terletak antara warna merah dan kuning. Warna ini menebarkan energi, menghangatkan hati skaligus memancarkan keceriaan. Sisi psikologi nya warna ini juga dilambangkan sebagai warna persahabatan, karena unsur nya adalah memecah kekakuan dan menciptakan rasa akrab, sehingga mampu merangsang kreativitas dan daya cipta cocok diaplikasikan bagi mereka yang berprofesi di dunia desain dan seni.

KUNING
Warna ini adalah salah satu warna primer sekaligus warna kehidupan, karena kuning adalah warna matahari yang menerangi bumi setiap harinya dalam kehidupan kita. Kuning dapat membangkitkan suasana gembira dan menyenangkan. Warna kuning adalah warna yang positif dan melambangkan kejujuran.

HIJAU
Warna hijau adalah warna yang langsung diasosiasikan dengan warna alam. Hijau nya pepohonan di pegunungan, warna sawah yang membentang. Warna ini dapat menjadi acuan untuk membangkitkan suasana relaksasi. Dalam lingkaran warna, hijau berada di tengah-tengah antara warna hangat dan warna dingin, yaitu merah, biru dan kuning. Sebagai contoh apabila didalam ruangan terdapat tanaman hijau akan terasa nuansa kesegaran ruangan tersebut melewati tanaman hijau tersebut.

BIRU
Warna ini memancarkan kesan dingin dan dalam. Warna yang mewakili warna langit dan laut ini sangat kental dalam pikiran alam sadar kita, manusia. Warna biru juga mengasosiasikan pikiran kita pada warna santai dan karena itulah warna biru adalah warna yang digunakan untuk hal-hal yang sehubungan dengan ketenangan bahkan ketenangan nuansa sehingga identik untuk berhenti dan beristirahat sejenak.

UNGU
Warna ungu merupakan warna yang unik karena karakternya berubah-ubah tergantung dari drastis warna yang dimiliki. Apabila warna ungu nya adalah ungu tua, memiliki karakter yang misterius, mistis dan angkuh. Warna ungu terang mencerminkan warna yang glamour dan mewah sehingga dalam tatanan dekorasi suatu pesta warna ini terlihat elegan apabila disatukan dengan warna nuansa keemasan. Sedangkan beda hal nya dengan warna muda muda justru memiliki karakter yang lembut, ringan dan menyenangkan, unsur warna ini lebih feminin, biasanya digunakan untuk interior kamar tidur anak perempuan yang berkesan lembut.

PINK
Sentuhan warna ini identik dengan wanita dan memiliki karakter feminin, sekaligus mencerminkan romantisme dan sensual. Terlebih pink yang mengandung banyak warna putih menggambarkan kelembutan, kehalusan, rasa sensitif dan romantis. Di sisi lain, warna pink yang lebih tua dan cerah seperti warna fuchsia pink adalah warna dengan kesan menyenangkan, riang, serta trendi. Warna pink adalah warna yang dinamis cocok dikombinasikan dengan warna lain tergantung kepada penempatan warna muda atau tua.

COKLAT
Warna simbolisasi dari kehangatan warna tanah dan kayu. Karakter warna ini sangat berpengaruh terutama dalam pembangunan rumah, karena unsur psikologis dari warna ini maka orang memilih warna ini untuk menjadi bagian penting dari unsur-unsur warna rumah mereka seperti tembok, atau penerapannya dalam ruangan lewat tekstur permukaan kayu sehingga ada unsur kehangatan didalamnya.

PASTEL
Istilah pastel berkaitan dengan warna-warna yang dihasilkan oleh campuran sebuah warna (atau hue) dengan warna putih. Campuran ini dalam istilah warna disebut juga sebagai tint. Semakin banyak warna putih, semakin muda pula warna yang telah di campurkan dan memiliki makna yang semakin ringan dan lembut. Menggunakan warna pastel mencerminkan warna-warna dengan kesan romantis dan feminin. Warna-warna pastel dapat diterapkan di ruang atau venue dekorasi terlebih apabila di kombinasi dengan gradasi dari warna pastel tersebut.

Pemakaian warna dalam bidang interior banyak dipakai untuk menciptakan suasana. Bila ingin menciptakan suasana yang berbeda-beda dalam sebuah ruangan interior, designer menterjemahkannya dengan menggunakan ‘bahasa warna’”. Misalnya dalam ruang keluarga yang hangat dan akrab kita menggunakan warna coklat, krem dicampur dengan aksen warna hangat seperti merah atau orange pada beberapa perlengkapan interiornya. Sebaliknya untuk menciptakan suasana yang tenang, lembut dan damai di kamar tidur digunakanlah warna-warna dingin seperti biru atau hijau yang lembut.

Bahasa Warna - The Rhythm of Color

Bahasa Warna - The Rhythm of Color

Pemilihan warna yang tepat pada suatu ruangan akan menambah nilai plus pada ruangan tersebut. Warna-warna pun dapat mewakili trend tertentu. Misalnya untuk suatu desain bangunan atau interior bergaya Mediteranean banyak digunakan warna coklat, krem, hingga warna orange. Sedangkan untuk tema interior minimalis yang sekarang banyak disukai, penggunaan warna terwakili oleh putih, abu-abu, hitam, coklat, seperti yang di jelaskan oleh Sri Rachmayanti, Dosen dan Praktisi di Bidang Desain Interior Universitas Pelita Harapan.

Warna juga dapat menjadi penunjang pada gaya interior tertentu. Seperti contoh desain simpel minimalis akan berkesan lebih pop dengan aksentuasi warna-warna terang dan kontras. Di pihak lain, desain yang simpel ini juga akan tampil seperti gaya art deco apabila menggunakan warna merah dan kuning, atau biru dan hitam yang menjadi ciri khas gaya interior yang populer di tahun 1930 sampai 1960-an tersebut.

Gaya etnik antara lain menggunakan warna-warna yang berhubungan dengan warna alam, yaitu coklat tua, seperti warna kayu, hijau daun dan sedikit biru. Gaya klasik identik dengan warna-warna hangat seperti krem kekuningan, emas dan beige. Sedangkan rangkaian campuran warna mencolok biasa digunakan interior bergaya bohemian.  The Rhythm of Color-Duniawedding.com



%d bloggers like this: