Busana Pesta Nasional

30Aug09

Saat diundang pesta, tentu penampilan jadi salah satu perhatian utama anda. pakaian yang ingin anda kenakan lengkap dengan aksesori dan riasan wajah dan rambut pun sudah terbayang-bayang di benak anda, atau mungkin anda termasuk orang yang selalu pusing memikirkan busana pesta?

Busana Pesta Nasional

Busana Pesta Nasional

Rahasia tampil menawan saat pesta :

  • Perhatikan jenis dan suasana undangannya. Anda biasanya dapat memperoleh keterangan dari kartu undangan yang anda terima. Kalau masih ragu, tanyakan pada pengundang.
  • Kalau tertera dress code di kartu undangan, patuhilah. Dengan demikian anda tidak akan merasa salah kostum.
  • Pede! Walaupun penampilan anda oke, orang lain lebih memperhatikan kecanggungan daripada busana anda.

Kalau dress code tidak tertera dalam undangan pesta. Kenakanlah busana yang “aman” tapi tak membuat anda mati gaya sesuai acara. Anda bisa memilih mengenakan sarung dan kebaya, batik atau gaun panjang untuk menghadiri pesta pernikahan.

Istilah dalam dress code :

  • Formal/Resmi
    Dress code yang ini sama seperti black tie atau gala dinner. Biasanya wanita bisa berbusana nasional, berkebaya formal atau mengenakan gaun malam. Untuk pria, kenakan tuksedo lengkap atau batik/tenun ikat lengan panjang.
  • Informal/Setengah Resmi
    Wanita bisa mengenakan cocktail dress, gaun panjang dan kebaya modern. Untuk pria, kenakan lounge suit, jas dan celana boleh berbeda warna, atau batik lengan panjang.
  • Smart Casual/Casual
    Ini berarti busana ke arah informal, misalnya celana panjang dari bahan lembut dipadu atasan senada. Casual wear, leisure wear dan resort wear juga termasuk dalam kategori ini.
  • Extremely Casual
    Kenakan saja busana santai, misalnya jins dengan kamisol dilapis Kardigan cantik.

Busana nasional Indonesia untuk wanita terdiri atas kebaya, baju kurung dan busana modifikasi/kebaya modern. Busana daerah lainnya juga masuk ke dalam kategori busana nasional. Busana nasional Indonesia untuk pria terdiri atas jas tutup lengkap, kemeja batik dan kemeja tenun Indonesia lainnya.

Busana Pesta Nasional

Busana Pesta Nasional

Kebaya merupakan busana dengan bukaan di bagian depan dari atas ke bawah, berlengan panjang tanpa detail seperti kerutan atau manset dan disarankan tidak memakai ganjalan bahu. Selain panjang dan pendeknya, kebaya juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kebaya kartini dan kebaya dengan kutubaru. Kebaya ini dikenakan dengan kain batik berwiru dan selendang kecil yang disampirkan di pundak. Anda boleh menyematkan peniti berhias kecil untuk “menahan” selendang di pundak.

Baju kurung merupakan busana dengan bukaan di sebelah belakang dengan bentuk leher sesuai dengan selera anda. Baju kurung biasanya dipadukan dengan sarung batik, tenun ikat atau songket Indonesia. Selendang besar yang digendong merupakan pelengkap yang akan menambah anggun penampilan anda. Kebaya dan baju kurung klasik dikategorikan sebagai busana resmi. Agar tampil serasi, si pria bisa mengenakan black tie atau setelah jas lengkap.

Busana Pesta Nasional

Busana Pesta Nasional

Busana modifikasi/kebaya modern adalah busana yang bentuk dan cara pemakaiannya diangkat dari busana daerah Indonesia dan dikembangkan menjadi bentuk yang lebih modern. Salah satu unsur busananya menggunakan kain Indonesia. Bila anda melihat kebaya atau baju kurung yang dipadukan dengan rok panjang senada dari bahan thai silk atau sutera, atau tunik panjang yang dipadukan dengan sarung batik, atau kebaya yang berdada terbuka dengan kancing yang penuh di bagian depan. Inilah sebagian contoh dari busana modifikasi. Busana modifikasi atau kebaya modern dikategorikan sebagai busana tidak resmi atau setengah resmi. Untuk pria mengenakan batik atau tenun ikat.

Tata Rambut
Sebaiknya anda mengenakan sanggul jawa dengan sunggar bila mengunakan busana nasional resmi berupa kebaya dan kain batik. Bila berbaju kurung, rambut tidak disanggul seperti itu. Tatalah rambut anda dengan sanggul klasik dari daerah lain atau dengan sanggul modern seperti sanggul kecil atau cepol. Hal yang sama juga berlaku dengan busana modifikasi atau kebaya modern.

Perhiasan
Sesuaikan saja dengan busana yang anda gunakan. Perhiasan model klasik, batu-batuan, mutiara yang terdiri atas tusuk konde, sirkan, subang, anting-anting kecil, kalung, bros, peniti, gelang atau cincin adalah paduan yang pas untuk kebaya dan baju kurung resmi. Untuk busana modifikasi, anda bisa mengenakan perhiasan model klasik atau modern yang disesuaikan dengan busana anda.

Sepatu atau Selop
Busana nasional tradisional atau modern akan tampak lebih cantik dan anggun bila anda mengenakan selop dengan model sebelah depan terbuka atau tertutup dan tinggi tumit tak melebihi 7 cm. Tak percaya? Cobalah bercermin di depan cermin panjang dan lihatlah sendiri hasilnya.

Tas
Jangan lupa membawa tas yang serasi dengan busana nasional yang anda kenakan. Biasanya, tas yang serasi adalah tas tangan kecil berantai pendek atau clutch mungil yang warnanya sesuai dengan selop atau kebaya anda.

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 345 other followers

%d bloggers like this: