Wisata Eksotis di Italia

29Jul10

Banyak negeri di dunia yang menarik untuk dikunjungi ketika musim berlibur tiba. Salah satunya adalah Italia. Negara republik seluas 301,230 km2 yang terletak di semenanjung selatan benua Eropa ini memiliki laut dan daratan yang potensial sebagai pilihan objek berlibur bagi turis yang datang ke sana. Wilayahnya selain melingkupi daratan juga memiliki hamparan laut dengan sekumpulan pulau indah menakjubkan.

Wisata Eksotis di Italia

Wisata Eksotis di Italia

Tercatat Italia memiliki sejumlah pulau yang telah menjadi buah bibir turis dunia sejak dulu kala. Sebut saja Sicily (Sisilia – dalam bahasa Indonesia), Sardinia, Capri, Ischia, Elba, Procida, Aeolian Islands, Tremiti, Ustica, Pantelleria, Aegadi Islands, Pelagie Islands hingga Dino Island.

Karakteristik setiap pulau di Italia juga menyimpan cerita sejarah panjang yang mengagumkan. Misalnya Pulau Sicily yang letaknya di lautan Mediterania. Di pulau berpopulasi 5 juta jiwa ini kita akan menemukan berbagai peninggalan sejarah yang telah berusia ratusan tahun.

Terbagi dalam 9 distrik, pulau ini memiliki beberapa situs arkeologi menawan yang pantang untuk dilewatkan. Mulai dari Agrigento (Kuil Yunani kuno) hingga Piazza Armerina, peninggalan Kerajaan Romawi yang merupakan salah satu objek peninggalan sejarah yang masuk dalam UNESCO World Heritages.

Wisata Eksotis di Italia

Wisata Eksotis di Italia

Di Segesta yang terletak sejauh 74 km selatan wilayah Palermo, sebuah kuil Yunani tua yang dipercaya dulunya merupakan metropolitan Kerajaan Romawi berdiri kokoh Kuil Doric yang memiliki tinggi hingga 190 kaki. Keistimewaan kuil yang diperkirakan dibangun pada 430 SM ini terletak pada ruang Amphitheatre yang arsitekturnya masih terjaga rapi hingga sekarang.

Pulau Sicily tidak hanya menyimpan kekayaan bahari menawan, beberapa pegunungan di pulau ini juga bisa ditaklukan lewat jalur trekking. Salah satu gunung yang bisa memuaskan kebutuhan adrenalin Anda saat berada di Sicily adalah dengan mendaki Gunung Nebrodi atau Gunung Etna yang menyimpan potensi vulkanik dengan ketinggian 3,323 meter.

Di tengah pulau ini, terdapat sebuah taman hutan bernama Madonie National Park bisa jadi pilihan yang seru saat ingin menghabiskan waktu berlibur dari tengah kepenatan. Kemping adalah alternatif seru yang bisa dilakukan di sini.

Bagi yang bosan dengan wisata gunung atau hutan, snorkeling atau diving di kedalaman Laut Mediterania tentu sebuah pilihan menarik. Puaskan adrenalin Anda akan indahnya dunia bawah laut Mediterania saat berada di Ustica yang letaknya dekat dengan wilayah Palermo.

Wisata Eksotis di Italia

Wisata Eksotis di Italia

Beranjak dari wilayah Pulau Sicily, Italia masih memiliki pulau lain yang menjadi tujuan favorit bagi turis, terutama saat musim panas sudah datang. Salah satu pulau favorit adalah Pulau Sardinia yang terletak di Laut Tyrrhenian. Tercatat, Sardinia adalah pulau terbesar di wilayah teritori Italia yang terbagi dalam 9 distrik.

Seperti halnya Pulau Sicily di selatan, Sardinia juga menyimpan objek wisata kelautan yang menawarkan indahnya Laut Mediterania. Salah satu spot paling favorit bagi penyelam di wilayah ini adalah Tavolara dan Punta Coda Cavallo. Banyak turis dari negeri tetangga atau benua lain yang melakukan aktivitas snorkeling dan diving di sini.

Sardinia sendiri mempunyai ibukota yang bernama Cagliari. Kota yang juga dikenal sebagai “The City of Sun” ini menurut buku panduan wisata Lonely Planet Italy merupakan tempat yang tepat untuk melakukan relaksasi diri, tempat Anda dapat melakukan aktivitas berjemur di sepanjang Poetto Beach yang garis pantainya mencapai 8 km.  Wisata Eksotis di Italia -VIVAnews

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 345 other followers

%d bloggers like this: