Proses Cetak Undangan

20Oct09

Terlepas dari desain model undangan pernikahan, ternyata proses cetak undangan pernikahan termasuk mudah bagi pasangan yang ingin menghemat biaya. Menggunakan jasa vendor wedding yang menyediakan undangan dan suvernir memang bisa sangat mempermudah, tapi akan memakan biaya tambahan yang sedianya bisa dialokasikan untuk pos-pos penting lainnya.

Proses Cetak Undangan

Proses Cetak Undangan

Model dan desain memang selalu menjadi hal yang ekslusif, terpapar cita-cita tentang wah-nya, ekslusif-nya dan mentereng-nya sebuah acara pernikahan selalu menjadi mimpi tiap pasangan, tapi ingatlah bahwa acara pernikahan tesebut hanya sebuah prosesi dari proses, yang sangat penting adalah saat-saat setelah pernikahan, mempertahankan keutuhan dan  keberadaannya. Jadi bagi anda yang  memang mempunyai dana lebih bisa mengalokasikan dengan bebas seberapa besar biaya peruntukan untuk undangan pernikahan, tapi bagi anda yang berpikir kedepan, dimana penghematan-penghematan yang bisa dilakukan bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih berguna seperti rumah dan isinya bisa mencoba mencari model dan desain undangan sendiri.

Hal ini tidak sulit sama sekali, banyaknya undangan pernikahan yang anda terima dan tersedianya banyak model di media informasi dapat menjadi panduan. Kekreatifan anda dan kejeniusan anda dalam memilih adalah kunci untuk mendapatkan model dan desain undangan pernikahan yang orisinil dan mencerminkan pribadi pasangan yang sedang melangsungkan pernikahan.

Kalau anda bisa mendesain/sudah punya desain sendiri, anda tinggal memilih percetakan yang cukup bonafit yang lokasinya dekat dengan kediaman atau tempat kerja anda. Memiliki desain sendiri, artinya anda tidak perlu lagi pergi ke vendor yang ngetop (nggak perlu lagi jasa mereka untuk desain undangan). Vendor yang menengah pun sudah memadai. Kalau dari segi teknik cetak dan kualitas cetak, pengalaman kita sih, teknik vendor yang ngetop dan vendor yang menengah rasanya nggak jauh beda.

Proses cetak undangan :

  • Klien memberikan spesifikasi undangan yang diminta meliputi : jenis kertas, warna, jumlah pesanan dll.
  • Percetakan memberikan detil sesuai permintaan klien berikut harga, jangka waktu pengerjaan.
  • Klien menawar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Setelah deal, maka masuk pada tahap persetujuan dan kontrak.
  • Divisi Desain/Setting menyiapkan layout, menginput data (foto, illustrasi, logo) yang diperlukan kemudian didesain sesuai permintaan klien atau klien mendesain sendiri.
  • Hasil proofing (cetakan sementara) sebagai patokan hasil yang akan dicetak dberikan kepada klien untuk direvisi. Biasanya klien melakukan beberapa pengecekan, baik dari segi desain maupun isi (misalnya ada yang salah ketik atau salah letak).
  • Klien memberikan koreksi seperlunya. Setelah selesai disetujui oleh klien, percetakan melanjutkan tahap finishing desain (Final Art).
  • Hasil desain (FA) dibuat plat 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black) untuk dijadikan master film untuk pencetakan.
  • Tahap pencentakan dimulai dengan mesin cetak 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Beberapa percetakan juga menyediakan pencetakan lebih dari 4 warna, misalnya dengan tambahan warna khusus (Spot Color) untuk pencetakan logo yang akurat atau tinta tambahan seperti tinta emas dan lainnya.
  • Tahap finishing meliputi : pemotongan, rell ( membuat garis untuk lipatan ), penambahan accecories sesuai permintaan klien seperti penambahan warna emas, doff dll.
  • Tahap pengiriman hasil cetakan ke klien.

Apalagi anda bisa menemukan percetakan yang biasa mencetak undangan pernikahan, biasanya percetakan seperti ini juga menyediakan jasa finishing undanganan, dimana undangan pernikahan anda akan langsung dilipat dan diselesaikan langsung sesuai model yang ada bawa. Bayangkan berapa banyak dana yang bisa anda hemat. Proses Cetak Undangan

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 344 other followers

%d bloggers like this: