Model Gaun Pengantin

19Aug09

Setelah penentuan tanggal dan hari pernikahan, semua perhatian secara alami tertuju pada hari pernikahan dan tentu saja gaun pengantinnya. Baik calon pengantin perempuan maupun laki-laki serta seluruh anggota keluarga sudah seharusnya membicarakan bentuk pernikahan yang akan dipilih; formal, semiformal atau santai (casual); waktu pelaksanaan pagi atau malam hari, jumlah para pengiring serta tamu-tamu yang akan diundang. Model gaun yang dipilih harus berhubungan dengan seberapa resmi pernikahan itu nantinya. Sebagai contoh, sebuah gaun tanpat seret/ekor (trains) dengan gaya pesta kebun/taman bila dipakai tanpa hiasan kepala tidak akan sesuai untuk suatu pesta pernikahan formal di malam hari. Meskipun demikian, kebanyakan tipe gaun dapat dibuat lebih atau kurang formal, tergantung pada pilihan bahan, hiasan penyelesaian dan aksesorinya.

Model Gaun Pengantin

Model Gaun Pengantin

Ketika mulai merancang sebuah gaun pengantin, hasil akhir mungkin sudah dapat diprediksi. Sebelum membeli bahan, renda dan hiasan penyelesaiannya, sangatlah penting untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  • Melihat majalah busana pengantin. Biarkan imajinasi berkembang sampai anda menemukan padu padan yang istimewa. Mungkin anda lebih menyukai bentuk lengan daru salah satu gaun, badannya dari model gaun yang lain, garis leher dari gaun yang lainnya lagi dan setersunya.
  • Kunjungilah toko-toko busana pengantin bersama teman atau anggota keluarga yang benar-benar mengerti fashion. Carilah model yang bisa mengelabui tipe badan dan pas dengan keinginan anda. Buat catatan model-model serta detail-detail yang paling mengelabui. Jangan merasa bersalah untuk mengerjakan ini, mungkin sesungguhnya calon pengantin bisa menemukan gaun yang sempurna dan sesuai selera, tetapi kemudian memutuskan membeli demi kepraktisan baik dari segi waktu maupun tenaga.
  • Jika bukan pernikahan tradisional, carilah ide rancangan di mana saja. Mungkin anda akan menemukan model yang benar-benar disenangi pada sebuah gaun malam. Tak ada salahnya untuk dicoba.
Model Gaun Pengantin

Model Gaun Pengantin

Tidak ada aturan/norma yang ketat bagi seorang pengantin. Seiring perkembangan zaman, pengantin tidak lagi memakai gaun formal berwarna putih dengan cadar, mengundang ratusan tamu atau melemparkan buket bunga. Tata cara upacara pernikahan telah mengalami beberapa perubahan. Pilihan terhadap sebuah gaun pengantin pun disesuaikan selera para calon pengantin dan mungkin keluarganya. Ada pasangan pengantin yang lebih menyukai upacara sederhana dan memakai gaun kontemporer yang berwarna-warni. Hiasan kepala pun sederhana atau tidak memakai. Mereka acap kali hanya menyertakan seorang pengiring dengan beberapa orang tamu saja. Sebaliknya, pasangan pengantin lainnya memanfaatkan momen istimewa ini untuk mengadakan upacara dan pesta pernikahan yang penuh khidmat dah formal.

Model Gaun Pengantin

Model Gaun Pengantin

Tipe Gaun Pengantin

Gaun pengantin dapat dikategorikan: klasik/tradisional, romantik, victorian, taman/alam terbuka dan kontemporer. Besar kecilnya pesta pernikahan (jumlah tamu yang hadir), lokasi (atau di gedung pertemuan), dan waktu upacara adalah faktor yang menentukan tipe gaun terbaik untuk suatu pernikahan nantinya. Didukung dengan pemilihan bahan yang tepat membuat gaun pengantin tampak berbeda satu dengan yang lainnya.

Model Gaun Pengantin

Model Gaun Pengantin

Memilih model gaun yang bisa mengelabui (flattering) adalah salah satu keputusan paling penting dalam merencanakan gaun pengantin. Hal ini merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pengambilan foto/video dokumentasi yang akan menjadi memori nyata hari pernikahan. Jadi, sudah bukan saatnya memilih dan mencoba sesuatu yang sama sekali berbeda atau di luar karakter seseorang. Jalan terbaik dah termudah adlah memilih garis model yang akan bisa meyempurnakan bentuk tubuh nantinya. Menentukan model busana yang sesuai untuk bentuk proporsi dan tinggi tubuh seseorang, serta garis-garis rancangan dan pilihan bahan yang sesuai untuk menambah penampilan dari setiap tipe bentuk badan yang berbeda.

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 345 other followers

%d bloggers like this: