Resepsi Pernikahan

10Jun09

Resepsi Pernikahan

Resepsi Pernikahan

Setiap pasangan pasti mendambakan acara resepsi mereka berjalan dengan baik dan lancar. Namun kesalahan-kesalahan kecil bisa saja terjadi. Kelalaian dari panitia ataupun (mungkin) Anda sendiri bisa saja membuat acara berjalan diluar perencanaan. Kecermatan ekstra diperlukan agar meminimalisir kejadian-kejadian yang tak diduga. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips yang pasti akan sangat berguna dalam resepsi pernikahan Anda.

Be Very Specific
Hari ini adalah hari penting untuk Anda dan pasangan. Anda berhak mendapatkan yang terbaik. Kumpulkan seluruh vendor Anda dan ungkapkan ekspektasi Anda kepada setiap mereka.  Jika Anda meragukan suatu hal tanyakan kepada mereka apa yang dapat mereka tawarkan untuk menjawab keraguan Anda. Anda pun dapat membicarakan hal ini kepada pihak WO (Wedding Organizer). Mereka dapat menjadi penengah yang baik untuk hal ini.

Be Accessible
Anda dan pasangan harus selalu dapat dihubungi untuk keperluan-keperluan yang penting. Hal ini penting walaupun rundown telah dipersiapkan. Pastikan PIC dari setiap vendor memiliki nomor Anda, begitupun sebaliknya (in case Anda memerlukan sesuatu dari salah satu vendor). Apabila hal ini Anda rasa dapat mengganggu konsentrasi, mintalah kesediaan dari bestmen atau maid-of-honor Anda untuk menjadi “asisten pribadi” Anda.

Remember the older guest
Bila Anda akan menggelar acara dengan konsep sitting dinner party, aturlah penempatan tempat duduk dengan cermat. Prinsipnya, semakin dekat dengan speaker atau panggung musik, suara akan semakin besar. Jauhkan speaker atau panggung musik dari tempat duduk mereka yang telah berusia cukup tua. Mereka akan sangat menghargai hal tersebut.

On Time Please
Anda pasti mengenal perilaku orang Indonesia yang berbudaya “ngaret”. Mintalah agar mereka tepat waktu kala menghadiri acara resepsi. Anda dapat memberikan penekanan pentingnya hadir tepat waktu di dalam undangan. Anda juga dapat menyertakan “cuplikan” dari rundown resepsi Anda. Berdasarkan pengalaman, beberapa keluarga bersikeras untuk tidak memulai prosesi sebelum tamu terlihat ramai. Bila terjadi pada Anda, tentu semua acara kebelakang akan ikut terkena imbasnya.

Speech, Toast & Cake Cutting before dinner
Anda tentu ingin para tamu memberikan 100 % perhatiannya pada Anda bukan? Bagi Anda yang akan memberikan speech dan mengadakan toast, lakukan sebelum mempersilahkan mereka memulai santap malam. Bila ternyata jumlah orang yang akan memberikan speech lebih dari 1 orang, batasi lamanya speech tiap orang (biasanya dibawah 2 menit).

Prepare for your Wedding Kiss
Beberapa pasangan melakukan wedding kiss mereka usai melakukan pemotongan kue. Sediakan permen pengharum napas untuk mengantisipasi napas kurang sedap. Jangan sampai pasangan mencium aroma bawang sisa makan sore Anda!

Divide your Buffet Table
Setelah menyaksikan speech dan bersulang bagi Anda, para tamu tentu akan mulai memusatkan perhatian mereka pada makanan. Agar tidak terjadi antrian berlebihan, mintalah vendor catering untuk membagi buffet makanan Anda dalam 2 sisi. Hal ini akan menghindarkan antrian panjang yang berlebihan.

Say Thankyou
Adalah hal yang sopan bila Anda berkeliling untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada para undangan. Mereka akan merasa sangat dihargai. Lakukan beberapa saat sebelum para tamu menyantap dessert mereka. Ingatlah untuk tidak hanya berfokus pada sekelompok orang saja. Usahakan Anda melakukannya secara cepat dan merata.

Assign the Ending Task
Setelah pesta resepsi berakhir, banyak hal perlu dibereskan. Sisa makanan, souvenir, hadiah dari para tamu sampai kepada angpao. Anda tentu sudah kelelahan dengan segudang acara dari pagi tadi. Mintalah kesediaan orang-orang yang Anda percayai untuk mengatur hal-hal tersebut, kemudian lakukan serah terima dengan keluarga.

Relax, and Enjoy
Setelah melakukan persiapan dengan maksimal, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah rileks. Nikmati setiap detik acara Anda. Yakinlah Anda, pasangan dan seluruh pihak telah mempersiapkan yang terbaik. Harapkan yang terbaik dan jadikan hari Anda menjadi tak terlupakan. Let the Party Begin!

Sumber : willysutantio

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 341 other followers

%d bloggers like this: