Menentukan Tanggal Pernikahan

10Jun09
Menentukan Tanggal Pernikahan

Menentukan Tanggal Pernikahan

Bagi  sebagian pasangan, menentukan tanggal pernikahan adalah hal yang mudah. Ada yang mematok tanggal tertentu (yang memiliki arti khusus untuk hubungan mereka) sebagai hari pernikahan, tapi itu pun belum tentu bisa terwujud karena banyaknya hal yang harus diperhitungkan. Sebagian pasangan lainnya bingung cara memilih tanggal yang pas untuk pernikahan mereka. Yang pasti, tanggal pernikahan yang tepat juga akan menentukan suksesnya acara. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang menjadi parameter apakah sebuah tanggal layak Anda pilih sebagai hari bahagia.
Bila Anda melihat pada kalender dan dibuat bingung oleh sederetan tanggal alternatif, inilah cara untuk menyeleksi dan memilihnya.

  • Pilih waktu dimana Anda dan pasangan dapat meninggalkan pekerjaan. Ajukan permohonan cuti Anda pada tanggal yang Anda rasa tidak terlalu sibuk. Kemudian buatlah perencanaan waktu untuk mulai “menyicil” pekerjaan.
  • Pilih tanggal yang memberikan Anda cukup waktu untuk melakukan persiapan. Masa ideal untuk mempersiapkan sebuah pernikahan adalah 8-12 bulan.
  • Pilih tanggal dimana tempat resepsi dan pemberkatan/akad Anda tersedia. Sefleksibel apapun Anda, lokasi resepsi dan pemberkatan tidak hanya tersedia untuk Anda. Katakanlah Anda menginginkan lokasi resepsi di hotel X dan gereja Y. Tanyakan ketersediaan tanggal yang tersisa kemudian eliminasi seluruh tanggal yang tidak tersedia pada kalender.
  • Pilih tanggal di luar musim hujan. Hal ini sangat penting bagi Anda yang berencana menggelar resepsi secara outdoor atau pesta kebun.
  • Pilih tanggal yang sesuai dengan masa musim bunga favorit Anda. Selain dapat menghemat biaya, Anda juga memastikan tersedianya bunga untuk keperluan resepsi. Anda dapat mencarinya di internet untuk mengetahui informasi ini.
  • Pilih tanggal yang berdekatan dengan kepentingan bulan madu Anda. Terkadang lokasi bulan madu tertentu memiliki tanggal dan waktu khusus agar bisa dinikmati secara maksimal. Tentunya Anda tidak ingin cuaca dan iklim daerah lokasi bulan madu menjadi masalah bukan?
  • Untuk Anda yang ingin menekan budget pernikahan, pilihlah tanggal di luar “bulan pernikahan”. Biasanya berkisar dari awal hingga pertengahan tahun. Biasanya jumlah pasangan yang akan menikah akan meningkat menjelang akhir tahun.
  • Pilih tanggal yang tidak berdekatan dengan masa ujian sekolahan dan hari libur panjang karena dapat memperkecil kemungkinan hadirnya keponakan, kerabat ataupun para sahabat undangan Anda.

Berdasarkan hal-hal tersebut, Anda dapat melakukan eliminasi pada tanggal yang paling sedikit memenuhi kriteria di atas. Namun semuanya kembali berpulang pada kesepakatan Anda dan pasangan. Lakukan dengan bijak karena pilihan tanggal Anda akan ikut menentukan proses persiapan acara pernikahan selanjutnya.

Sumber : duniawedding.com

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 341 other followers

%d bloggers like this: