Perawatan Tubuh Menjelang Pernikahan

02Jun09
Perawatan Tubuh Menjelang Pernikahan

Perawatan Tubuh Menjelang Pernikahan

Menjelang menikah, Anda mungkin makin mengeluhkan berbagai permasalahan pada tubuh, entah itu kegemukan, stretch mark, bau badan, atau varises. Anda merasa tidak pede jika harus tampil sebagai Ratu Sehari dalam keadaan seperti itu. Namun, diet sembarangan dan operasi plastik bukan merupakan jalan yang jitu untuk mendapatkan kecantikan tubuh. Berikut beberapa cara agar penampilan tubuh Anda sedikit berubah menjadi lebih indah dan menarik.

Bau badan kurang sedap

Harum tubuh yang menawan, ditunjang dengan penampilan yang menarik, akan menambah rasa percaya diri Anda. Tetapi bila bau badan sudah menyerang, semua tampak tak terkendali walaupun penampilan Anda begitu cantik. Ikuti langkah berikut:

1. Mandi lebih sering

Mandi berfungsi untuk menghilangkan keringat berlebih, menghilangkan kotoran dan bakteri yang melekat pada kulit tubuh. Jangan lupa untuk lebih memerhatikan dan membersihkan daerah-daerah lipatan kulit dan daerah yang sulit dijangkau, seperti punggung dan sela-sela kaki yang merupakan pusat pembiakan bakteri. Jika Anda selalu tiba di rumah pada malam hari, sebaiknya mandi dengan air hangat.

2. Gunakan sabun antiseptik
Fungsi sabun antiseptik selain dapat menghilangkan kuman dan bakteri, juga dapat mencegah gatal-gatal pada tubuh karena biang keringat. Sabun yang mengandung butiran-butiran halus juga bagus untuk scrub tubuh agar kotoran terangkat.

3. Gunakan deodoran
Fungsi deodoran untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Sedangkan anti perspirant adalah untuk meminimalkan produksi keringat berlebih. Sebaiknya Anda jangan mengunakan bedak atau deodoran yang berbentuk bubuk, karena akan menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam.

4. Meminum rebusan daun sirih
Cara ini untuk mengurangi bau badan yang berasal dari dalam. Daun sirih mengandung zat yang dapat meminimalkan proses keluarnya keringat.

5. Makan daun kemangi minimal satu genggam sehari.
Daun kemangi berfungsi menghilangkan bau badan karena gangguan pencernaan, radang lambung, dan gas dalam usus.

6.  Oleskan irisan timun pada ketiak
Mengoleskan irisan timun setelah selesai mandi berfungsi untuk menghambat keringat yang keluar dari pori-pori kulit ketiak.

Varises mengganggu

Varises adalah  pembuluh balik atau vena yang melebar yang disebabkan oleh rusaknya katup di dalam dinding vena. Varises umumnya menyerang tungkai kaki bawah. Ada tiga penyebab varises, yaitu:

1. Faktor genetik.
2. Kebiasaan sehari-hari, seperti kurang gerak, membiarkan tubuh terlalu lama duduk atau berdiri.
3. Kehamilan. Pada waktu hamil, tekanan yang disebabkan bobot janin menghalangi aliran darah dalam vena menuju jantung. Darah terpaksa kembali ke bawah merusak katup penahan dalam vena.

Cara menghindari varises:
1. Pijat kaki secara teratur untuk melancarkan peredaran darah.
2. Gunakan sepatu berhak datar, agar kaki tidak terlalu lelah.
3. Gunakan waktu luang untuk duduk atau berbaring dengan kaki sama tinggi dengan perut.
4. Bila Anda terlanjur mengalami varises berat, pakailah selalu elastic stocking. Stocking ini dapat mencegah varises meluas atau bertambah parah.

Selulit yang sulit hilang

Selulit atau garis putih akibat penumpukan lemak biasanya muncul pada paha, pinggul, betis, dan bokong. Kulit tampak bagai kulit jeruk yang berkerut. Gejala selulit adalah kulit tidak kenyal dan mulus. Para ahli menyarankan untuk memadukan makanan bergizi, olah raga teratur, membebaskan diri dari stres, dan perawatan ala spa. Selain itu, rajin menggunakan krim khusus selulit setiap habis mandi atau konsultasi dengan dokter kulit.

Sumber : kompas.com

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 344 other followers

%d bloggers like this: